Diskon ongkos kirim keseluruh Indonesia

BAHAN KAOS : Wajib Tau 10 Jenis Bahan Kaos Sebelum Membeli

Wajib Tau Jenis Bahan Kaos Sebelum Membeli – Perkembangan dunia fashion dari tahun ke tahun semakin pesat. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, karena pakaian memang menjadi satu satu kebutuhan bagi manusia. Meskipun bukan menjadi kebuhan primer, namun eksisitensi dunia fashion tidak terkalahkan. Bahkan, setiap tahunnya dunia fashion mempunyai trendnya sendiri. Maka, hal ini yang membuat dunia fashion berkembang pesat, karena kebanyakan masyarakat tidak ingin ketinggalan trend yang sedang terjadi, khususnya masyarakat di Indonesia.

Pakaian memang menjadi suatu kebutuhan penting guna melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pakaian ini mempunyai banyak jenis, salah satunya yaitu kaos. Kaos bisa dikatakan sebagai pakaian yang sangat sederhana sehingga banyak digemari oleh masyarakat. Selain bahannya yang adem yang cocok sekali untuk iklim di Indonesia yang tropis, kaos juga harganya relatif lebih murah dibanding dengan jenis pakaian lainnya. Sehingga banyak dipakai oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu, kaos juga merupakan salah satu pakaian ternyaman saat digunakan, baik itu dirumah maupun diluar rumah

Kenyaman saat menggunakan kaos bergantung pada kualitas bahan kaos yang digunakan. Karena, ada beberapa bahan kaos yang membuat penggunanya tidak nyaman saat memakai kaos tersebut. Maka sebelum membeli kaos, hendaknya kita mengetahui bahan apa yang digunakan oleh kaos tersebut. Tapi kan, aku gak tau bahan kaos mana ja yang bagus dan nyaman saat dipakai? Nah, maka dari itu pada artikle kali ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis bahan kaos. Mau tau apa aja? Yuk, simak penjelasan berikut

Jenis-Jenis Bahan Kaos

Saat kita berbelanja, yang paling kita pikirkan adalah model ataupun desain kaos yang sedang trend saat ini. Sebagian besar dari masyarakat kita tidak begitu memerharikan mengenai bahan kaos. apakah bahan kaosnya nyaman saat dipakai atau tidak. Pokoknya yang penting sesuai trend :D. Setelah dipakai, bahannya ternyata tidak nyaman, risih, panas, dan tidak bisa menyerap keringat. Alhasil, kaosnya tidak terpakai. Padahal, pemilihan bahan kaos itu sangat penting sekali. Karena kenyamanan saat dipakai itu yang paling utama. Sehingga, pemilihan bahan kaos saat membeli kaos sangatlah penting agar tetap nyaman saat dipakai.

Jenis-Jenis Bahan Kaos

Berikut beberapa jenis bahan kaos yang wajib kamu ketahui sebelum membeli kaos, agar nantinya nyaman saat dipakai

1. Bahan Cotton Combed (Katun Combed)

Siapa yang gek kenal dengan bahan kaos satu ini. Tentunya pasti kamu sudah familiar jika mendengar bahan kaos yang satu ini. Yap, Cotton combed ini memang sering digunakan sebagai bahan kaos. Jenis bahan ini terbilang cukup lembut karena terbuat dari serat kapas. Sehingga bahan ini jauh lebih halus dibandingkan dengan bahan kaos lainnya. Kain Cotton Combed ini memiliki jenis yang berbeda-beda, mulai dari 20s, 24s, 30s, dan 40s . Semakin besar angkanya, maka semakin tipis pula bahannya. Namun, pada umumnya jenis kain cotton combed yang sering digunakan pada bahan kaos adalah cottton combed 20s dan 30s.

Bahan kaos ini tentunya sangat nyaman digunakan karena tekstur kaisn yang halus, dingin, serta mudah menyerap keringat. Sehingga sangat cocok sekali jika dipakai di wilayah yang beriklim tropis seperti indonesia.

Berikut ciri khas dari ahan cotton combed :

  • Serat benang sangat halus
  • Mudah menyerap keringat
  • Tidak mudah kusut
  • Mudah saat proses sablon
  • Bahan kain lembut dan adem
  • Kain rata dan tidak berbulu

2. Bahan Cotton Carded (Katun Carded)

Cotton Carded merupakan jenis kain yang menggunakan benang carded, dengan komposisi 100% cotton atau kapas. Untuk membuat benang carded, kapas diolah melalui proses Carding menggunakan mesin Carding. Bahan ini hampir sama dengan bahan cotton combed, dan juga memiliki beberapa jenis kain, yakni 20s dan 30s. Bedanya, bahan cotton corded ini serat benangnya yang tidak sehalus cotton combed, dan hasil rajutan juga kurang rata. Untuk harganya sendiri, cotton corded relatif lebih murah daripada bahan cotton combed. Meskipun murah, namun bahan ini tetap nyaman saat digunakan.

Berikut beberapa ciri dari katun carded :

  • Hasil rajutan kurang rata dan halus
  • Tekstur bahan cenderung kasar
  • Tidak mudah kusur dan luntur
  • Mudah saat proses penyablonan
  • Mudah menyerap keringat

3. Bahan Viscose

Bahan Viscose ini sering disebut oleh masyarakat sebagai kain rayon. Rayon merupakan bahan serat sintesa selulosa organic (buatan manusia). Bahan ini termasuk salah satu bahan untuk pembuatan kaos yang memiliki tekstur hampir sama dengan Cotton Combed yang terbuat dari serat kapas. Keunggulan dari bahan ini tekstur yang lebih halus dari kapas serta tahan pada kelembapan yang tinggi. Kain ini memiliki daya serat yang lebih baik, warna yang lebih mencolok, serat yang memiliki kerapatan tinggi, serta kesan mewah untuk setiap pemakainya. Dengan kelebihan tersebut, maka tak heran jika harga kain rayon relatif mahal di pasaran.

Berikut karakterik dari bahan kain Viscose :

  • Bahan kain kuat dan tidak mudah rusak
  • Bahan yang ringan, membuat nyaman dipakai
  • Tekstur Serat yang lembut dan dingin di kulit

4. Bahan Cotton Viscose (CVC)

Bahan ini terbuat dari campuran Cotton Combed 55% dan Viscose 45%. Bahan ini adalah memiliki susut pola yang lebih kecil di bandingkan dengan bahan Cotton. Bahan ini nyaman dipakai karena mudah menyerap keringat. CVC memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibanding dengan Cotton Combed. Selain itu, kaos yang terbuat dari CVC tidak mudah kusut, tidak mudah luntur saat dicuci.

5. Bahan Polyester (PE)

Polyester merupakan bahan yang terdiri dari serat sintetis, dihasilkan dari unsur minyak bumi. jenis kain ini terasa panas saat digunakan karena bahannya tidak mudah untuk menyerap keringat. Oleh karena itu, harga kain ini relatif sangat murah. Jenis ini ini sering digunakan untuk membuat kaos partai, kaos pemilu, atupun jersey. Meskipun harganya murah, namun kain ini memiili keunggulan pada kekuatan dan keawetan. Selain itu, kain Plyester tidak mudah berkerut, tahan air, dan cepat kering setelah dicuci.

Ciri-ciri dari bahan Polyester :

  • Penyerapan keringat buruk
  • Mudah kering
  • Menahan Panas
  • Anti kuman, jamur, dan bakteri
  • Awet dan tidak mudah berkerut
  • Mudah terbakar
  • Lebih tahan lama saat di rendam

6. Bahan Hyget (Spandek)

Bahan kain hyget adalah jenis bahan kaos yang terbuat dari kombinasi antara polyester dan cotton. Kain ini tidak terlalu tebal, biasanya jenis hyget lebih tipis dibanding jenis bahan kaos lainnya. Bahan ini cukup elastis, sehingga harganya pun lebih murah dibanding jenis bahan kaos lainnya seperti combed, carded, bahkan bahan kaos PE. Bahan ini tidak memiliki daya serap yang baik. Sehingga penggunanya akan merasa lebih panas ketika digunakan dibawah sinar matahari.

Bahan spandek yang bisa meregang hingga 5 kali lipat dari ukuran normal. Dengan sifatnya yang elastis, kaos yang terbuat dari spandek memiliki keunggulan dalam memudahkan pergerakan pemakainya, tidak mudah berkerut, mudah untuk kembali pada ukuran normal setelah meregang, lembut, dan dapat mengikuti bentuk atau lekuk tubuh. Biasanya, kaos berbahan spandek lebih sering dipakai wanita.

7. Teteron Cotton (TC)

Teteron Cotton (TC) adalah jenis kain yang terbuat dari campuran serat alami dan serat buatan. Seratnya terdiri dari 65% Polyester dan 35% Cotton Combed. Sifatnya hampir sama dengan kain jenis Polyester. Yaitu panas saat di kenakan, dan sulit menyerap keringat. Biasanya jenis bahan ini digunakan untuk pembuatan kaos promosi, kaos partai, atau kaos olahraga, karena harga kain TC murah dipasaran.

Setelah mengetahui jenis dan karakteristik dari setiap bahan kaos, kini saatnya kamu lebih teliti dalam membeli kaos serta memerhatikan bahan kaos yang digunakan. Jangan sampai, kamu menyesal membeli kaos tersebut karena bahan kaosnya tidak nyaman digunakan. Karena kaos yang nyaman dipakai akan membuat aktivitas kamu menjadi lebih maksimal. Jangan lupa, pastikan ukuran kaos yang kamu beli sesuai dengan bentuk tubuhmu ya. Kalaupun membeli secara online, perhatikan size chartnya ya

Nah, jadi itulah jenis-jenis bahan kaos. Semoga artikel ini bermanfaat :))

Luthfiatun Nandhifah

suka telur setengah mateng

You also like

11 Warna Kaos Keren Buat Pria Wajib Punya

11 Warna Kaos Keren Buat Pria Wajib Punya

11 Warna Kaos Keren Buat Pria Wajib Punya – Kaos selalu jadi pilihan banyak kalangan ya. Karena bisa…
4 Paduan Warna Kaos yang Bagus Bikin Penampilan Jadi Trendi

4 Paduan Warna Kaos yang Bagus Bikin Penampilan Jadi Trendi

4 Paduan Warna Kaos yang Bagus Bikin Penampilan Jadi Trendi – Bisa menjalankan aktivitas sehari-hari pastinya tetap ingin…
7 Tips Belanja Baju Online Nggak Bakal Kecewa

7 Tips Belanja Baju Online Nggak Bakal Kecewa

7 Tips Belanja Baju Online Nggak Bakal Kecewa – Apakah kalian suka pelanja online di e-commerece? Membeli barang…
8 Bunga Hadiah untuk Kekasih Sebagai Ungkapan Isi Hati

8 Bunga Hadiah untuk Kekasih  Sebagai Ungkapan Isi Hati

Bunga Hadiah untuk Kekasih Sebagai Ungkapan Isi Hati – Sedang mencari bunga hadiah untuk kekasih? Memberi bunga untuk…
Bunga untuk Wisuda yang Cocok Untuk Kelulusan

Bunga untuk Wisuda yang Cocok Untuk Kelulusan

Bunga untuk Wisuda yang Cocok Untuk Kelulusan – Prosesi pelantikan untuk kelulusan wisuda biasanya digelar dengan benuh haru…
17 Rekomendasi Tukar Kado Dibawah 100 ribu yang Keren

17 Rekomendasi Tukar Kado Dibawah 100 ribu yang Keren

Rekomendasi Tukar Kado Dibawah 100 ribu yang Keren – Apakah ada yang sedang mengadakan acara? Dimana anda harus…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop

Akucetak.id

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu